Friday, February 23, 2007

My Wonderful Life

Prolog
Dear Diary, hv I told u dat I trully thanksful for wht Alloh’s gave to me? U have no idea wht I got! My life is so unbelievable, absolutely colourful. One day I met Andria and enjoyed all gud stuff in her, then met Rahmat with his down-to-earth mind afterwards. Got many precious lessons inside!


Kamar 605, Apartemen Semanggi
Eh elu... Emang udah jam 11? Agh.. Gw masih ngantuk berat... Gw baru tidur jam ½ 5 bo’, Tiesto1 mampus gila! Kaki gw ampir mati rasa gitu tau nggak..... Huaaaahhhhhh..... Mandi dulu yak!


Di tempat yang lain: Gubuk kardus, Bantar Gebang2
Maap Mba aku baru nyampe. Baru selesai nimbang barang. Sebenernya acaranya udah kemarin-kemarin, tapi aku ndak sempet. Ya baru sempet hari ini. Banyak banget sisa botol Aqua yang bisa di ambil Mba.


CRV B 22 4JE
Wah... If u were know... Tadi malem tuh Tiesto gokil abizzz! I think it was the biggest and the craziest rave party that I ever had in Indonesia. More than 15 thousands people was there!


Ampir mirip di Ibiza gitu! Unbelievable!!! Coba elu ikut. Secara deket dari rumah elu en dapet tiket gratis dari Andy pula gitu kan. Itu bener-bener gila!

Sekali-kali elu harus dateng ke rave party or just having fun on d’ club. Gw gak ngerti deh kenapa elu gak pernah mau ikutan, elu gak minum ini kan? Elu ikutan aja, elu harus tau atmosfir di tempat party gitu. Soal kerudung, elu iket aja, gpp kaleee.. Yang penting elu gak mabok ini kan? Di 2nd Floor dimana gw biasa dateng juga ada yang pake kerudung kayak elu. U have to enjoy ur life, right? Lagian kan lumayan klo elu bisa ikutan, masih ada orang yang nggak mabok yang bisa nyetirin kita pulang. Hahahahaha...
...
Eh, kita makan di Citos3 aja ya? Gw janjian pula disana sama Rama. Gw traktir!


Angkot JT 03
Aku juga ndak ngerti waktu malem itu acara apaan Mba. Aku kesana sama teman. Dia bilang ada rejeki numpuk di Ancol. Yo wis, aku ikut. Orang yang kesana cakep-cakep, kayak artis-artis yang di tipi itu. Mobilnya juga bagus-bagus. Banyak lagi. Oya, ada kembang api juga. Kayak klo taun baru Mba. Tau gitu ta’ bikinin terompet sekalian. Sapa tau laku.

Kayaknya ada acara nyanyi, wong suara musiknya kenceng banget, itu lho Mba, kayak musik-musik yang suka di stel di angkot di kampung aku. Tapi kayaknya koq ndak ada yang nyanyi ya Mba? Cuma musiknya aja yang.. dug-dug-dug... gitu lho Mba. Wah aku mah ndak ngerti. Aku kan kesana buat mulung. Alhamdulillah dapatnya banyak, 85 ribu. Bisa buat ngirim ke si mbo’.
...
Mba kita makan dulu ya. Nanti pas kita turun dari angkot, di pinggir jalan ada warteg langganan aku. Murah tapi enak Mba. Sekalian aku mau bayar utang nasi yang kemarin. Aku sing bayar yo Mba’.


Starbucks, Cilandak Town Square
Gw tau. Gw juga gak ngerti kenapa gw seneng banget keluar malem. Kayaknya enjoy aja tau gak luh. Bisa ngilangin hectic di kepala gw. Long island, musik, rokok and absolutely many good-looking guy around... What a perfect combination!
...
Kemana? Oh.. Sholat? Mmm... Nitip aja deh...
...
Mati? Dosa? Pernahlah kepikiran... Tapi kenapa mati mesti dipikirin terus? Gak usah gw pikirin juga gw pasti mati. Masalah dosa.. Ya sutralah.. Yang pasti gw berbuat baik dan nggak ngerugiin orang lain. Biar Yang Diatas yang nentuin gw mau di taro’ di neraka atau surga. Gw nggak atheis koq. Gw percaya Tuhan itu ada, though I never feel He’s around me.

Sebenernya satu hal yang nggak gw ngerti ngapain sih elu mesti sholat, puasalah ato kerudungan gitu?

Ya ya ya... Gw tau! Di sekolah gw juga dapet pelajaran Agama kaleee... Berkali-kali gw baca di buku pelajaran klo itu wajib, itu perintah Tuhan. Tapi nggak pernah di jelasin kenapa sholat wajib? Kenapa puasa wajib? Kenapa berjilbab wajib? Dan masih banyak lagi yang wajib. Apa karena Tuhan bilang itu wajib? Ato Tuhan minta bayaran karena kita udah di kasih hidup di dunia ini? Kayaknya nggak ada deh manusia yang minta buat di lahirin? Terus kenapa Tuhan minta bayaran? Kadang gw pikir Tuhan tuh egois, kita gak minta di lahirin, tapi dia minta imbalan ke kita? What for? Bukannya Dia Tuhan? Dia udah punya semuanya kan? For me, God is too egoist!

Huh... Ngomong apa sih gw? Panas-panas ngomongin hal ribet... Mending makan.... Eh, abis ini jadi nonton kan?


Warteg Sudi Mampir, Pulo Gadung
Ya aku bingung mau kerja apa lagi Mba. Waktu itu ada teman yang nawarin kerja sama dia bikin jalan tol. Tapi aku ndak kuat Mba. Kerjanya cape’ tenan, sholatnya susah Mba. Lagian klo kerja bikin tol kan musiman, ndak ada tiap saat, tapi klo sampah, ada mulu kan Mba. Ndak mungkin sampah itu abis kan ya, Mba? Udah gitu aku emang ndak ngerti kerja bangunan. Ntar klo aku salah ngecor atau apa, bahaya. Aku bisa dosa.
...
Kita sholat di mushola disamping sana aja ya, Mba?
...
Iyo... Alhamdulillah aku bisa sholat, si mbo’ yang ngajarin. Mbo’ pernah bilang; “Le, kowe ora iso moco, yo wis ndak popo. Sing penting kowe iso moco Quran, iso sembahyang. Supaya Gusti Alloh sayang.”4 Jadi biar aku ndak bisa baca, tapi aku bisa baca Qur’an, tapi ya ndak kayak ustad-ustad itu.

Coba Mba, klo aku ndak bisa sholat dan baca Qur’an. Ndak punya apa-apa. Ndak pernah bayar zakat, ndak pernah qurban kambing, shodaqohnya recehan, apalagi pergi haji. Weleh... Aku malu sama Gusti Alloh. Wong aku dikasih hidup. Aku miskin, tapi aku punya si mbo’, punya Mas Tono. Aku ndak sekolah, tapi aku bisa kerja.

Aku karep isin yo’ Mba’ sama Gusti Alloh, aku bisa hidup, tapi aku ndak bisa kasih apa-apa sama Gusti Alloh. Malah klo berdoa, minta rejeki sing banyak, umur yang panjang. Kayaknya aku ndak tau diri gitu ya Mba?

Walah.. Koq ngelantur yo? Iki sayur asemnya wis dingin...


J-Co Donuts, Cilandak Town Square
See... Elu liat film tadi? Orang bisa mati kapan aja, di kapal pesiar pula. Klo elu punya kesempatan buat seneng-seneng sekarang, ya jalanin sekarang. At least, klo elu mati besok, elu udah nggak penasaran lagi.

Itu hidup gw sekarang! Gw nggak mau hidup ribet. Harus begini lah, harus begitu lah. Nggak boleh ini, nggak boleh itu. Gw pikir, Tuhan harus adil buat orang-orang seperti gw. Elu tau sendiri... I’m helping many people. So far, gw nggak pernah nyusahin orang, apalagi ngambil hak orang. Gw jujur, apa adanya... Jauh dari definisi munafik.

Klo emang ada timbangan dosa dan pahala, bisa aja kan timbangan gw seimbang? Atau malah bisa aja kan timbangan pahala gw lebih banyak? So, what He gonna do? Put me on His heaven or kick me into the hell?? Tapi yang pasti, gw percaya Tuhan itu ada, dan Tuhan akan adil untuk orang-orang seperti gw.

Aaarrgggh.. Cape’ deee ngomongin ginian. Pulang yuuk.. Ngantuk gw..
...
Elu jadi nginep di tempat gw kan?


Tempat Pembuangan Sampah, Bantar Gebang
Wis cape’, Mba? Maturnuwun lho Mba udah nemenin aku muter-muter hari ini. Ndak malu tho’ Mba diliat orang jalan karo aku? Aku aja malu lho jalan sama Mba. Orang miskin kok ya jalan sama anak sekolahan.

Untungnya Alloh, ndak kayak saya atau kebanyakan orang lain yang malu miskin atau belagu karena udah kaya. Untung Alloh ndak pilih kasih ya, Mba. Coba klo Alloh cuma sayang sama orang yang kaya atau ndak yang pinter doang. Waaah... Bisa-bisa orang kayak saya ndak bakal bisa masuk ke surga. Terus ngapain aku hidup klo udah gitu ya, Mba?


Epilog
Diary, aneh ya... Dengan segala kepunyaannya (tajir, pinter, etc...) Andria sama sekali nggak ngedapet nikmatnya iman. Andria percaya sama Tuhan, tapi nggak pernah ngerasain adanya Tuhan. Akan sangat kontras klo dibandingin dengan Rahmat. Dalam ketidakpunyaannya, Rahmat bersyukur dengan hidupnya, bahkan kerap malu karena merasa nggak bisa berbuat apa-apa atas segala ‘pemberian’ Alloh kepadanya.

Walaupun Zy berpanas-panas ria bahkan ‘bergelut’ sedikit dengan sampah, tapi kebersamaan dengan Rahmat membawa kesan yang dalem banget. Tau nggak? Hidup dan pemikiran Rahmat bikin Zy berasa di tampar. Keras dan tepat di pipi! Selama ini, sadar ato nggak, Zy tau klo Zy sering menggugat Tuhan. Kenapa Tuhan nggak bikin Zy tajir kaya’ Andria? Kenapa Tuhan nggak nyiptain Zy dengan lahiriah kaya’ Nidi dan punya darah keturunan pejabat negeri ini? Atau kenapa Zy ngerasa hidup Zy susah banget, nggak segampang temen-temen ‘gaul’ Zy yang mau apa aja kesedia.

Gila ya!!! Ternyata Zy udah tolol! Tanpa kita minta, Tuhan ngasih kita kehidupan di dunia ini, dengan kemampuan mengindra, merasa, mencerna dan berpikir, Tuhan cuma pengen kita sedikit ‘usaha’ buat ngedapetin nikmatnya.

Menikmati lezatnya iman bukan dilihat dari tingginya ilmu yang kita dapat atau melimpahnya harta yang kita punya, tapi bagaimana mendistribusikan seluruh akal dan pikiran kita buat mencerna semua yang terjadi di kehidupan ini dan kehidupan setelahnya.

Lagian, menikmati hidup bukan perkara berapa banyak yang kita punya kan?


Keterangan:
1. DJ kelas dunia asal Belanda
2. TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah di timur Jakarta
3. Cilandak Town Square : Town Square golongan menengah keatas di selatan Jakarta
4. “Nak, kamu nggak bisa baca, ya nggak papa. Yang penting kamu bisa baca Qur’an, bisa sembahyang. Supaya Alloh sayang”


“Just an ordinary mind from an ordinary person with an ordinary life”

No comments: